karachikuriyan

ARTIS HOLLYWOOD

Sering Dengar Musik Pakai Headphone Saat Tidur, Wanita Ini Hilang Pendengaran

Sering Dengar Musik Pakai Headphone Saat Tidur, Wanita Ini Hilang Pendengaran

karachikuriyan – Jakarta – Terlalu sering mendengarkan musik pakai headphone semalaman bisa berakibat fatal. Jika kamu punya kebiasaan itu, sebaiknya segera dihentikan jika tidak mau bernasib seperti wanita ini.
Wanita bernama Wang, asal Shandong, China, kehilangan pendengaran dan harus memakai alat bantu dengar. Kondisi itu dialaminya setelah memakai headphone untuk mendengarkan musik semalaman sampai tertidur, setiap hari, selama dua tahun.

Awalnya, Wang, yang bekerja sebagai karyawati mengeluh kesulitan mendengar para kolega di kantor berbicara saat rapat. Dia sulit memahami perkataan atasannya sehingga membuatnya khawatir akan memengaruhi kinerja.

Wang pun memeriksakan diri ke dokter dan menjalani serangkaian tes. Hasil pemeriksaan menyeluruh menunjukkan bahwa dia menderita kerusakan saraf pendengaran permanen di telinga kirinya.

Ketika ditanya dokter apakah pernah mengalami trauma atau telinganya terpapar suara keras dalam jangka waktu lama, Wang mengatakan, satu-satunya hal yang terpikir olehnya adalah mendengarkan musik melalui headphone tiap malam. Dokter akhirnya menyimpulkan bahwa pendengarannya rusak akibat kebiasaan buruknya itu.

“Ketika masih kuliah, saya sering tertidur sambil mendengarkan musik. Begitu mulai mendengarkannya, saya akan tidur dengan headphone menyala sepanjang malam. Itu sudah menjadi kebiasaan, dan saya sudah melakukan ini selama kurang lebih dua tahun,” tutur Wang kepada dokter, seperti dikutip dari Oddity Central.

Li Tao, direktur Departemen THT di rumah sakit tersebut, menjelaskan bahwa gangguan pendengaran yang dialami Wang kemungkinan besar disebabkan oleh musik yang dia dengarkan setiap malam. Meskipun volumenya tidak berlebihan, namun telinga terkena kebisingan dalam jangka panjang dan akhirnya menyebabkan kerusakan permanen.

Beruntung, kerusakan pendengaran hanya terjadi di sebelah kiri dan tidak terlalu parah. Namun dia tetap harus memakai alat bantu dengar.

Dokter menyarankan orang-orang untuk mengikuti prinsip tiha ’60’ untuk menghindari kejadian seperti dialami Wang. Prinsip itu adalah:

– Jangan memaparkan telinga ke suara yang melebihi 60 desibel dalam waktu lama;

– Jangan memakai headphone atau mendengarkan musik keras selama lebih dari 60 menit;

– Saat menggunakan perangkat elektronik pemutar suara, usahakan volumenya di bawah 60 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *